Roti Ketawa: Perpaduan Sempurna Antara Rasa Manis dan Aroma Khas Remang

Cemilan204 Views

Info Resepku – Roti Ketawa adalah salah satu cemilan yang sangat populer di Indonesia. Cemilan yang memiliki rasa manis dan aroma khas remang ini telah menjadi favorit banyak orang, baik anak-anak maupun dewasa. Dengan tekstur yang lembut di bagian dalam dan renyah di bagian luar, Roti Ketawa menjadi camilan yang sulit untuk ditolak. Artikel ini akan membahas secara mendalam tentang Roti Ketawa, mulai dari asal-usulnya hingga cara membuatnya di rumah.

 

Asal-usul Roti Ketawa

Roti Ketawa memiliki sejarah yang panjang dan menarik. Asal-usulnya berasal dari daerah Rembang, Jawa Tengah. Konon, Roti Ketawa pertama kali diciptakan oleh seorang ibu rumah tangga yang ingin membuat cemilan unik dan lezat untuk keluarganya. Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, telur, dan mentega, ia berhasil menciptakan Roti Ketawa yang menjadi hit di kalangan tetangga dan kemudian menyebar ke berbagai daerah di Indonesia.

 

Keunikan Roti Ketawa

Roti Ketawa memiliki beberapa keunikan yang membuatnya berbeda dari cemilan lainnya. Salah satunya adalah bentuknya yang unik, mirip dengan wajah yang sedang tersenyum atau tertawa. Inilah yang menjadi alasan mengapa cemilan ini dinamakan Roti Ketawa. Selain itu, teksturnya yang lembut di bagian dalam namun renyah di bagian luar juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta cemilan.

 

Bahan Utama dan Kandungan Gizi

Roti Ketawa terbuat dari bahan-bahan sederhana seperti tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Meskipun terlihat sederhana, cemilan ini mengandung gizi yang cukup, terutama karbohidrat dari tepung terigu dan gula serta protein dari telur. Roti Ketawa juga mengandung lemak dari mentega yang memberikan tekstur yang lembut dan kenyal pada cemilan ini.

 

Cara Membuat Roti Ketawa di Rumah

Membuat Roti Ketawa di rumah tidaklah sulit. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Bahan-bahan:

  • 250 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 2 butir telur
  • 50 gram mentega, lelehkan
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak untuk menggoreng

Langkah-langkah:

  1. Campur tepung terigu, gula pasir, baking powder, dan garam dalam sebuah mangkuk.
  2. Masukkan telur dan mentega leleh ke dalam campuran tepung, aduk hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang kalis.
  3. Diamkan adonan selama 30 menit.
  4. Setelah adonan istirahat, ambil sebagian kecil adonan dan bentuk bulat pipih dengan ukuran yang sesuai.
  5. Panaskan minyak dalam wajan.
  6. Goreng Roti Ketawa hingga berwarna keemasan dan matang sempurna.
  7. Angkat dan tiriskan Roti Ketawa, lalu sajikan.

Variasi Roti Ketawa

Roti Ketawa dapat divariasikan dengan berbagai tambahan atau topping sesuai selera. Beberapa variasi yang populer antara lain:

  • Roti Ketawa cokelat dengan tambahan bubuk cokelat atau cokelat leleh sebagai topping.
  • Roti Ketawa keju dengan taburan keju parut di atasnya.
  • Roti Ketawa pisang dengan potongan pisang sebagai tambahan di dalam adonan.

Roti Ketawa adalah cemilan yang sangat menggoda dengan perpaduan rasa manis dan aroma khas remang. Dengan sejarahnya yang panjang, keunikan bentuknya, serta rasa yang lezat, Roti Ketawa menjadi salah satu cemilan favorit yang tak lekang oleh waktu. Dengan resep yang sederhana dan bahan yang mudah didapatkan, Anda pun bisa mencoba membuat Roti Ketawa sendiri di rumah untuk dinikmati bersama keluarga. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *